Tips & Idea

Apa itu Website dan Bagaimana Cara Membuat Website

Ihsan Firdaus

08 May 2023

814 Viewed

Jika Anda memiliki sebuah Produk yang ingin Anda informasikan kepada orang lain, ada beberapa cara yang biasanya Anda lakukan, bisa dengan cara menyampaikan secara verbal atau lisan, atau Anda menyampaikan dengan cara tulisan. Tentu menyampaikan dengan lisan tentang apa produk yang Anda jual dan keunggulannya akan sangat memakan waktu dan tenaga, belum lagi jangakuannya sangat terbatas. Tentu pilihan Anda akan lebih memilih menuliskannya dalam bentuk brosur atau flyer, atau bahkan poster. Sehingga Anda bisa mencetaknya dalam jumlah banyak lalu menyebarkan ke banyak orang.

 

Di dalam tulisan tersebut Anda akan menggambarkan sedetail mungkin tentang produk Anda sehingga banyak orang tertarik untuk membeli produk Anda, menuliskan keunggulan produk, cara pakai bahkan bagaimana cara order produk Anda tulis rinci dalam tulisan brosur produk Anda. Lalu jika sudah cukup OK, Anda sebarkan brosur tersebut sebanyak Anda mencetaknya, dan berharap dalam waktu cepat akan Anda orang menghubungi Anda untuk membeli produk tersebut.

 

Masalah muncul ketika Anda kesulitan membagikan brosur tersebut kepada orang yang tepat, lalu keterbatasan budget Anda mencetak brosurnya pun menjadi masalah, belum lagi, selembar brosur terkadang tidak cukup untuk menggambarkan secara utuh dan komplit tentang produk Anda. dan ketika ada Update dari produk Anda, maka Anda harus mendesain ulang brosur Anda dan lalu mencetak sebanyak yang Anda inginkan, terbayang bagaimana ribet dan mahalnya biaya promosi Anda?

 

Gambaran diatas saya perlu tuliskan agar Anda memiliki bayangan bahwa apa yang akan saya jelaskan tentang WEBSITE dengan mudah bisa di fahami oleh Anda. Website pada dasarnya memiliki kegunaan dan fungsi seperti brosur tadi. namun tentu memiliki banyak keunggulan dan manfaat lainnya. Ok kita mulai pembahasan APA ITU WEBSITE ? dan Bagaimana Cara Membuat Website ?

 

PENGERTIAN WEBSITE

Website adalah sekumpulan halaman halaman atau file yang membentuk sebuah informasi utuh dalam bentuk media informasi berbasis elektronik yang dipublikasikan secara online melalui media internet, dan untuk mengaksesnya memerlukan tools (alat) berupa Browser.

 

Browser ini adalah aplikasi yang di khususkan untuk mengakses sebuah alamat website, biasanya browser ditandai dengan kolom atau bar tempat kita mengetikan alamat website yang ingin kita akses. saat ini banyak browser yang beredar dan sudah cukup dikenal diantaranya : Chrome, Mozila Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer dan UC Browser

 

Pengertian diatas adalah pengertian panjang nya :D hehe.. ok sekarang kita coba buat pengertian yang lebih singkat.

 

"Website adalah Halaman berisi sekumpulan konten yang dipublikasikan secara Online dan hanya dapat diakses melalui media internet".

 

Sebuah website untuk dapat di akses secara online harus memiliki sebuah nama atau alamat yang dikenal dengan istilah DOMAIN, nantinya DOMAIN akan terhubung ke sebuah komputer server yang disebut HOSTING, Domain saling terhubung satu sama lain dengan sebuah sever Hosting menggunakan Name Server. Secara standard pengenal server hosting adalah sebuah IP (internet Protocol) yaitu rangkaian angka yang menunjukan keberadaan sebuah komputer server.

 

Domain adalah alamat atau nama website, contohnya : www.ihsanfirdaus.com ini adalah nama domain berakhiran .com, atau www.smartcoop.id ini adalah nama domain berakhiran .id

 

Server Hosting adalah Komputer yang terhubung dengan internet 1x24 jam setiap hari nya, memiliki spesifikasi khusus seperti kapastias penyimpanan (Disk Space) dan Quota Akses (Bandwidth).

 

Cara Memiliki Sebuah Website

 

Untuk memiliki sebuah website Anda harus membeli Domain dan Server Hosting, lalu Anda buat halaman-halaman yang berisi konten baik tulisan maupun gambar atau video yang dibuat dengan bahasa pemograman seperti HTML maupun PHP, lalu halaman-halaman tersebut di upload kedalam sebuah server hosting.

 

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan jasa dari perusahaan web developer seperti : Four Vision Media yang sudah pasti berpengalaman dalam pembuatan website. Sehingga Anda mendapatkan website yang professional dan bagus.

Share On :